Translate

Info ads

Sabtu, 26 Oktober 2013

Khasiat dan Manfaat Tanaman Mengkudu



Mengkudu banyak tumbuh di Indonesia dan cukup populer dikalangan masyarakat. Sebagian masyarakat menyebutnya dengan sebutan buah Noni, Pace, Cangkudu  dll. Tumbuhan ini banyak tumbuh didaerah asia tenggara yang beriklim tropis dan dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut.


Mengkudu termasuk tumbuhan biji berkeping dua atau dikenal dengan istilah dikotil dan memiliki akar tunggang. Bentuk tulang daun menyirip. Buah Mengkudu merupakan buah majemuk, pada saat masih muda akan nampak hijau mengkilap dengan totol putih pada buahnya. Semakin tua warna buah akan semakin keputihan dengan totol berwarna hitam.



Mengkudu memiliki Bunga berbonggol dengan bunganya yang berwarna putih



Beberapa manfaat buah Mengkudu: 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh. 
Buah mengkudu memiliki kandungan nurtrisi yang lengkap terdiri dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Nutrisi ini sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

2. Bersifat anti inflamasi. 
 Anti inflamasi yaitu Sifat zat yang mampu mencegah terjadinya peradangan dan juga menurunkan resiko terkena serangan jantung. 

3. Bersifat analgesik.
Analgesik dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit. Daunnya banyak digunakan untuk meredam sakit kepala dan meredakan nyeri sendi. Daun Mengkudu memiliki kandungan kadar analgesik sebanyak 75% efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi. 

4. Bersifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit. Buah mengkudu memiliki kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana. Kandungan zat zat ini memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang beguna dalam memelihara kesehatan kulit dan tubuh. 

5. Bersifat anti kanker. Kandungan senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu bermanfaat mencegah kerusakan DNA dan kanker. 

6. Mencegah terkena hipertensi. Kandungan nutrisi buah Mengkudu dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Hal tersebut disebabkan adanya zat Fitonutrien scopoletin yang dapat  berfungsi melebarkan pembuluh darah.

7. Menghilangkan Sisik pada Kaki.
Cara menggunakan: Bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu yang masak sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan air hangat. Ulangi secara kontinyu sampai sembuh.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...