Translate

Info ads

Senin, 28 Oktober 2013

Khasiat dan Manfaat Tanaman Pepaya


Pohon Pepaya adalah tanaman tropis yang sangat populer di seluruh dunia. Tanaman ini berasal dari Meksiko Amerika selatan yang menyebar ke seluruh daerah tropis. Nama Pepaya yang saat ini dikenal di Indonesia berasal dari bahasa belanda yaitu "Papaja". Pepaya dalam bahasa latin disebut " Carica papaya. L".

Pepaya termasuk tumbuhan berkeping tunggal atau disebut monokotil dan memiliki akar serabut.
Daun pepaya termasuk kedalam kelompok daun tunggal yaitu pada tangkai hanya terdapat satu helai daun. Berdasarkan bentuk tulangnya daun pepaya termasuk dalam jenis tulang daun menjari karena bentuk susunan tulang daunnya seperti jari jari tangan.

Pepaya banyak ditanam orang baik sebagai individu atau dalam skala perkebunan untuk diambil daun, bunga, buah dan getahnya.

Daun pepaya banyak dimanfaatkan sebagai sayuran meski kadang ada juga yang dimakan sebagai lalapan. Daun pepaya memiliki rasa pahit.
Bunga Pepaya dimanfaatkan untuk di buat urap atau di tumis sebagai lauk nasi.

Buah Pepaya ketika masih muda berwarna hijau dan akan menjadi warna kuning kemerahan ketika sudah masak. Warna daging Pepaya ada dua macam yaitu warna kuning kemerahan dan warna kuning. Buah pepaya muda banyak dimanfaatkan untuk dibuat sayur seperti sayur Lodeh, sayur asem dll. Sedangkan buah pepaya yang masih mengkal banyak dimanfaatkan sebagai manisan baik manisan kering maupun manisan basah dan dijadikan sebagai rujak buah manis, sedangkan yang sudah masak biasanya dimakan langsung atau dibuat minuman segar. Buah Pepaya kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Getah Pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan untuk melunakan daging. Saat ini Papain telah diproduksi secara massal dan dijadikan bahan komoditi. Papain sendiri banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...