Translate

Info ads

Kamis, 17 Oktober 2013

Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirsak



 Bunga Sirsak mekar

Sirsak merupakan tumbuhan buah tropis, tumbuhan ini banyak tumbuh diberbagai daerah di Indonesia. Di beberapa daerah tumbuhan sirsak dikenal dengan berbagai nama seperti: Nangka Walanda , Sirsak untuk sebutan bahasa Sunda Jawa Barat, Nangka Landa untuk sebutan dalam bahasa Jawa, Durian Betawi dalam bahasa Minangkabau, Srikaya jawa dalam bahasa Bali, Jambu Landa merupakan sebutan di daerah lampung. Namun nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda ZuurZak yang memiliki arti kantung asam.

Pohon sirsak dapat tumbuh subur hingga ketinggian 9 meter dan dapat tumbuh di sembarang tempat tidak memerlukan perawatan yang khusus. Meskipun tumbuhan Sirsak dapat tumbuh disembarang tempat tetapi lebih menyukai jika ditanam dekat dengan sumber air. Tumbuhan sirsak termasuk tumbuhan berkeping dua atau Dikotil dan memiliki daun bertulang menyirip.


Bunga Sirsak memiliki bentuk yang cukup unik dan berwarna Kuning dengan 3 kelopak, biasanya menempel pada tangkai daun dan batang pohon.

Buah Sirsak memiliki kulit yang tipis tetapi memiliki duri yang lunak, daging buah sirsak berwarna putih dengan biji berwarna hitam. Dengan rasa buah yang asam buah sirsak banyak dimanfaatkan sebagai makanan olahan seperti Jus minuman,Sirup,  Es krim, Dodol, Lempok dll.

Manfaat tanaman Sirsak
Daun sirsak banyak dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti Kanker, dalam sebuah penelitian daun Sirsak dapat menghambat laju pertumbuhan 12 macam sel kanker. Ekstrak daun sirsak juga dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri, Virus, mampu menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan demam.

 

Buah segar Sirsak dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti:

Peluruh keringat
Anti kejang
Kekurangan vitamin C
Disentri
Bisul
Ambeien
Sakit kandung urine
Anyang anyangan.

Disamping dapat mengobati berbagai macam penyakit daun Sirsak juga dapat digunakan untuk mengusir seranggga, khususnya Kecoak. cara menggunakannnya sangat mudah hanya menaburkan daun sirsak pada tempat yang bersarangnya kecoak, maka dalam tempo satu hari kecoak akan pergi.

Tag: #Khasiat Sirsak #Manfaat Sirsak #Tanaman Sirsak #Buah Sirsak #Sirsak  #Daun Sirsak #Khasiat Tanaman Obat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...